Melirik Peluang Investasi di Coworking Space

Tren coworking space kini tengah berkembang pesat dalam budaya kerja modern. Hal ini tak luput dari semakin banyaknya jumlah pekerja lepas (freelancer), pekerja jarak jauh (remote worker), dan perusahaan tertentu yang lebih memilih untuk menempatkan karyawan mereka di ruang kerja bersama. Melihat tren tersebut, Anda mungkin bertanya, bagaimanakah prospek investasi di coworking space? Mari simak ulasannya di bawah ini.

  • Apa itu Coworking Space?

Coworking space atau ruang kerja bersama adalah sebuah konsep modern tentang berbagi ruang kerja, di mana individu dari berbagai latar belakang pekerjaan dan usaha bekerja pada satu tempat yang sama. Biasanya, kalangan yang tertarik untuk berkegiatan di coworking space adalah freelancer, pengusaha, atau bahkan mahasiswa.

Pada umumnya, coworking space menawarkan nilai-nilai keterbukaan, kolaborasi, fleksibilitas, dan aksesibilitas bagi para anggotanya. Ruang kerja yang disewakan dapat berbentuk kubikel pribadi ataupun sebuah ruangan luas untuk digunakan bersama. Salah satu kelebihan coworking space dibandingkan kantor pada umumnya adalah keleluasaan dalam mendesain ruang kerja. Selain itu, coworking space juga memberikan banyak peluang bagi anggotanya untuk memperluas jaringan.. 

  • Peluang Investasi di Coworking Space

Seiring dengan meningkatnya permintaan pasar, banyak investor properti mulai melirik peluang untuk berinvestasi di coworking space. Estimasi grafik menunjukkan bahwa jumlah pengguna coworking akan bertambah dari 1,74 juta pada 2017 menjadi 5,1 juta orang pada 2022. 

Maka dari itu, berkaca pada rumus ekonomi sederhana, coworking space akan dapat menghasilkan rata-rata 2 hingga 3 kali lebih banyak dibandingkan perkantoran konvensional. Mengingat kemungkinan return investasi yang baik ini, banyak investor mulai berbondong-bondong memanfaatkan unit yang mereka miliki untuk disewakan atau dijadikan ruang kerja bersama. 

  • Menyewakan Hunian menjadi Coworking Space

Dalam pasar coworking space, terdapat arus permintaan dan penawaran tersendiri yang perlu dipahami. Pertama-tama, ada pemilik unit yang ingin berinvestasi pada properti yang ia miliki. Kemudian, ada pihak penyewa yang membutuhkan ruang kerja dengan lingkungan yang baik dan fleksibel. Selain itu, umumnya ada juga pihak operator yang bersedia untuk mengelola usaha tersebut.

Menilik arus permintaan dan penawaran ini, metode paling umum dalam memulai bisnis coworking space adalah sistem usaha bagi hasil antara pemilik unit dan operator. Dengan sistem ini, pemilik unit dapat menghasilkan uang tanpa harus bersusah payah meriset pasar. Di sisi lain, bagi para operator, biaya modal tempat bisa tertutupi, sehingga dapat langsung mengembangkan konsep ruang kerja bersama yang dikehendakinya.

Itulah peluang dan beberapa cara yang dapat Anda terapkan dalam berinvestasi properti di coworking space. Melihat trennya yang positif, inilah saatnya bagi Anda untuk mulai berinvestasi di ruang kerja bersama dengan memiliki unit properti yang menawarkan fleksibilitas. Unit HQuarters Business Residence sangat cocok disewakan atau dimanfaatkan untuk coworking space mengingat konsep SOHO (Small Office, Home Office) yang diusungnya. Terletak di CBD (Central Business District) kota Bandung, return investasi dari unit SOHO yang Anda miliki tentunya akan sangat menjanjikan. Tunggu apalagi? Segera miliki unit dengan menghubungi kami di halaman kontak website ini.

 

Sumber:

Coworking Resources

MyDesk